Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk
Latar Belakang Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk
Latar Belakang Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk
Masalah distribusi seringkali masih menjadi kendala terbesar terutama bagi perusahaan yang memproduksi secara massal. Semakin luas wilayah pemasaran, semakin banyak pula kendala yang dihadapi sehingga perlu pembagian wilayah pemasaran pada setiap era dengan penempatan distributor. Pola kebijakan ini memerlukan penempatan persediaan pada setiap lokasi, dan penempatan persediaan tersebut memerlukan penanganan yang baik agar persediaan dapat optimal, artinya dapat memenuhi tuntutan permintaan yang ada tanpa melakukan penyimpanan yang terlalu besar yang menyebabkan terjadinya penumpukan pada gudang yang berakibat pada tingginya biaya simpan dan kemungkinan terjadinya kerusakan semakin besar.
Sulitnya memprediksi kebutuhan pasar, serta persaingan bisnis yang semakin ketat, , merupakan kendala yang dihadapi perusahaan distribusi sehingga manajemen harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat guna memberikan pelayanan yang baik serta kepuasan kepada konsumen maupun menjaga konsistensi produk perusahaan di pasar. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan dengan baik berdasarkan data-data yang dimiliki, terutama yang berkaitan erat dengan sistem distribusi.
PD. XXX, sebagai salah satu perusahaan distribusi yang bergerak dalam distribusi tepung Bakso dan penyedap rasa yang sedang berkembang, juga memerlukan satu sistem distribusi yang baik untuk menjaga ketersediaan produknya di pasar, disamping juga untuk dapat memenuhi dan mengembangkan pasar yang telah ada. Untuk itu peramalan distribusi yang baik dengan menggunakan data-data yang telah ada di masa lalu untuk memprediksi kebutuhan distribusi dimasa yang akan datang sangat diperlukan oleh perusahaan ini.
Sistem distribusi produk pada PD. XXX dihadapkan pada beberapa masalah yang berhubungan dengan besar produk yang harus didistribusikan pada wilayah-wilayah.
Dalam menganalisa hal tersebut di atas, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah data mining mengenai kriteria - kriteria tertentu di dalam pendistribusian produk. Dengan semakin besarnya jumlah data dan kebutuhan akan analisis data yang akurat maka dibutuhkan metode analisis data yang tepat. Data mining merupakan teknik yang menggabungkan teknik analisis data tradisional dengan algoritma untuk pemrosesan data dalam jumlah yang besar. Data mining dapat digunakan untuk melakukan analisis data dan menemukan pola – pola penting pada data. Secara sederhana, data mining atau penambangan data dapat didefinisikan sebagai proses seleksi, eksplorasi dan pemodelan dari sejumlah besar data untuk menemukan pola atau kecenderungan yang biasanya tidak disadari keberadaannya . Dalam data mining, data disimpan secara elektronik dan diproses secara otomatis oleh komputer mengunakan teknik dan perhitungan tertentu. Data mining tersebut akan menjadi tolak ukur ataupun acuan untuk mengambil keputusan. Pengolahan data mining dapat dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya adalah Metode Rough Set, Fuzzy, Algoritma Apriori dan lain - lain.
Metode Rough Set salah satu dari metode di atas yang memungkinkan kita untuk mengambil keputusan dalam pendistribusian produk karena di dalam metode ini ada rumusan atau tahapan-tahapan pemecahan masalah dan adanya sebuah Result (keputusan) dari kombinasi yang mungkin terjadi dari kriteria-kriteria diatas. Dari Result (keputusan) yang berasal dari hasil olahan data mining tersebut, dapat di jadikan sebagai acuan pengambilan keputusan. Metode Rough Set adalah sebuah teknik matematik yang dikembangkan sejak tahun 1980. Teknik ini digunakan untuk menangani masalah Uncertainty, Imprecision dan Vagueness dalam aplikasi Artificial Intelligence (AI). Rough Set menawarkan dua bentuk representasi data yaitu Information Systems (IS) dan Decision Systems (DS). Adapun perangkat lunak (Software) yang menerapkan Metode Rough Set ini adalah Rosetta.
Silahkan download dokumen tugas akhir Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk : Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk
Notes : Passnya TANGGALBULANTAHUN
Sulitnya memprediksi kebutuhan pasar, serta persaingan bisnis yang semakin ketat, , merupakan kendala yang dihadapi perusahaan distribusi sehingga manajemen harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat guna memberikan pelayanan yang baik serta kepuasan kepada konsumen maupun menjaga konsistensi produk perusahaan di pasar. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan dengan baik berdasarkan data-data yang dimiliki, terutama yang berkaitan erat dengan sistem distribusi.
PD. XXX, sebagai salah satu perusahaan distribusi yang bergerak dalam distribusi tepung Bakso dan penyedap rasa yang sedang berkembang, juga memerlukan satu sistem distribusi yang baik untuk menjaga ketersediaan produknya di pasar, disamping juga untuk dapat memenuhi dan mengembangkan pasar yang telah ada. Untuk itu peramalan distribusi yang baik dengan menggunakan data-data yang telah ada di masa lalu untuk memprediksi kebutuhan distribusi dimasa yang akan datang sangat diperlukan oleh perusahaan ini.
Sistem distribusi produk pada PD. XXX dihadapkan pada beberapa masalah yang berhubungan dengan besar produk yang harus didistribusikan pada wilayah-wilayah.
Dalam menganalisa hal tersebut di atas, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah data mining mengenai kriteria - kriteria tertentu di dalam pendistribusian produk. Dengan semakin besarnya jumlah data dan kebutuhan akan analisis data yang akurat maka dibutuhkan metode analisis data yang tepat. Data mining merupakan teknik yang menggabungkan teknik analisis data tradisional dengan algoritma untuk pemrosesan data dalam jumlah yang besar. Data mining dapat digunakan untuk melakukan analisis data dan menemukan pola – pola penting pada data. Secara sederhana, data mining atau penambangan data dapat didefinisikan sebagai proses seleksi, eksplorasi dan pemodelan dari sejumlah besar data untuk menemukan pola atau kecenderungan yang biasanya tidak disadari keberadaannya . Dalam data mining, data disimpan secara elektronik dan diproses secara otomatis oleh komputer mengunakan teknik dan perhitungan tertentu. Data mining tersebut akan menjadi tolak ukur ataupun acuan untuk mengambil keputusan. Pengolahan data mining dapat dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya adalah Metode Rough Set, Fuzzy, Algoritma Apriori dan lain - lain.
Metode Rough Set salah satu dari metode di atas yang memungkinkan kita untuk mengambil keputusan dalam pendistribusian produk karena di dalam metode ini ada rumusan atau tahapan-tahapan pemecahan masalah dan adanya sebuah Result (keputusan) dari kombinasi yang mungkin terjadi dari kriteria-kriteria diatas. Dari Result (keputusan) yang berasal dari hasil olahan data mining tersebut, dapat di jadikan sebagai acuan pengambilan keputusan. Metode Rough Set adalah sebuah teknik matematik yang dikembangkan sejak tahun 1980. Teknik ini digunakan untuk menangani masalah Uncertainty, Imprecision dan Vagueness dalam aplikasi Artificial Intelligence (AI). Rough Set menawarkan dua bentuk representasi data yaitu Information Systems (IS) dan Decision Systems (DS). Adapun perangkat lunak (Software) yang menerapkan Metode Rough Set ini adalah Rosetta.
Silahkan download dokumen tugas akhir Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk : Implementasi Metode Rough Set Dalam Pendistribusian Produk
Notes : Passnya TANGGALBULANTAHUN
password ya gak bisa mas..
ReplyDeletedidalam rar itu ada folderyang memiliki tanggalbulantahun
ReplyDeleteya itu lah, dicek kembali mas
oh iya sudah bisa mas, trima ksh.
Deletegak ada folder untuk pass
Deletegak ada foldernya
Deleteapa paswordnya pak
ReplyDelete