Home » » Beberapa Manfaat Kunjungan Studi 2010

Beberapa Manfaat Kunjungan Studi 2010

Written By Mesran on Sunday 9 January 2011 | 21:21

Pada postingan ini saya akan menceritakan beberapa manfaat serta pengalaman yang saya temui pada saat saya melakukan kunjungan Studi Ekskursi pada bulan Juli dan Oktober 2010.

 Kunjungan ke PT. Indonesia Asahan Alumunium


Kunjungan ke PT. Chevron Pacific Indonesia

Kunjungan ke PT. Chevron Pacific Indonesia
 
Terdapat beberapa perusahaan dan PTS serta Universitas yang kami kunjungi, diantaranya : 
1. PT. Indonesia Asahan Alumunium Medan (baik cabang pembangkitnya paritohan maupun pabrik pembuat alumuniumnya).
2. PT. Chevron Pacific Indonesia Rumbai Pekanbaru
3. Universitas Putra Indonesia Padang
4. STMIK Indonesia
5. Kantor Gubernur Sumatera Barat
6. Kantor Gubernur Pekanbaru
7. PT. Semen Padang
Terdapat beberapa manfaat yang kami ambil di saat kami melakukan kunjungan Studi tersebut : 

1. Manajemen dan Sumber Daya yang di kelola di tempat yang kami kunjungi.
Baik PT. Chevron Pacific Indonesia, PT. Semen Padang maupun PT. Indonesia Asahan Alumunium sendiri terdapat ribuan karyawan yang bekerja, pada perusahaan tersebut. Tetapi saya sangat salut dan memberikan acung jempol pada PT. Chevron. Hal ini karna selama saya berkunjung di sana, yang hanya beberapa jam saja, saya melihat kedisiplinan, orang orang yang berada di lingkungan perusahaan itu. Memang di setiap perusahaan pasti dan dijamin telah menerapkan SOP, Standar Operasional Prosedur atau istilahnya prosedur kerja. Nahhh, yang saya temui di PT. Chevron adalah, awal pembukaan oleh moderator, kami sudah di suguhi, atas SOP pemakaian gedung. Misalnya jika gedung pertemuan terdiri atas beberapa pintu masuk dan pintu keluar, jika terjadi kebakaran, maka bagaimana cara mengantisipasinya, dan lainnya. Wahhh, salutt deh..

2. Aplikasi yang di gunakan
Pada bagian ini, saya mendapat yahh beberapa manfaat yang sangat besar saat kami mendengarkan penyajian dari perusahaan yang di tempat kami berkunjung, seperti aplikasi yang diterapkan, diantaranya penggunaan software SAP yang di gunakan di PT. Semen Padang. ERP yang di gunakan pada PT. Indonesia Asahan Alumunium, sedangkan yang di gunakan pada PT. Chevron , sistem sudah terintegrasi ke luar negeri, karna Chevron terdapat beberapa kantor besar di luar Negeri.

3. Kedisiplinan
Hampir di setiap perusahaan, tempat yang kami kunjungi di atas kami melihat kedisiplinan dari pada pimpinan dan stafnya, sangat bagus dan yang jelas sangat menghargai waktu yang telah di sepakati.

4. Keterbukaan
Nah, lagi lagi Chevron secara terang terangan membuka bidang finansialnya, dan saya sempat nggak habis pikir, bagaimana dengan hanya 9% dari 100% pendapatan yang di peroleh dapat digunakan untuk menggaji karyawan, pembuatan sumur baru, biaya operasional dan lain sebagainya. Walaupun terdapat sekitar 20%an kembali ke Propinsi tersebut, sisanya di setor ke negara. wahhh, nggak habis pikir deh saya.

5. Rasa Persaudaraan
Peserta rombongan sangat merasakan ikatan rasa persaudaraan yang tinggi, di saat melakukan kunjungan ke STMIK Indonesia. Mungkin dari awal masuk kami sudah disambut oleh anggota BEM nya, kemudian kami melakukan pertandingan persahabatan, yahh walaupun rombongan kagak pernah main voli(ehheheheheh). Dan saya perhatikan mahasiswa STMIK Indonesia dalam hal ini BEM, sangat ramah, walaupun baru bertemu dengan kami yang dari Medan. Rombongan merasakan kepuasan yang tersendiri.

Mungkin itulah manfaat yang dapat saya petik, atas kunjungan kami ke beberapa perusahaan, intansi pemerintahan maupun ke pendidikan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)