IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK DENGAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: Kreditplus)
Produk Elektronik merupakan barang yang sangat dibutuhkan saat ini, karena barang elektronik sangat membantu manusia dalam melakukan berbagai aktifitas, seperti Televisi yang membantu manusia untuk mendapatkan informasi dan hiburan, dan masih banyak barang elektronik lainnya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk mempermudah manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Dari sumber data penjualan Kreditplus, menunjukkan permintaan produk elektronik semakin meningkat. Hal inilah yang dijadikan sebagai dasar pengolahan data mining pada penjualan produk elektronik.
Pada penelitian sebelumnya Muhammad Afif Syaifullah ditahun 2010, pada sistem penjualan dengan algoritma apriori menyimpulkan teknik data mining dengan algoritma apriori dapat diimplementasikan pada sistem penjualan, dengan aplikasi yang berbasis teknologi informasi dihasilkan sebuah metode yang bisa meningkatkan penjualan dengan cara memberikan saran kepada konsumen, dan keterkaitan suatu barang yang dibeli oleh konsumen bisa dihitung dengan teknik algoritma apriori. Dan Pada penelitian di tahun 2012 oleh Goldie Gunadi, menemukan sejumlah aturan asosiasi dari basis data transaksi penjualan produk buku di Percetakan PT.Gramedia dan dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pembuatan strategi pemasaran dan penjualan.
Kreditplus merupakan perusahaan pembiayaan beragam produk elektronik yang telah bekerja sama dengan lebih dari 10.000 toko yang tersebar di Indonesia. Data penjualan pada kredit plus selama ini tidak tersusun dengan baik, sehingga data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip bagi perusahaan dan tidak dapat dimanfaatkan untuk pengembangan strategi pemasaran.
Data mining merupakan bidang dari beberapa bidang keilmuan yang menyatukan teknik dari pembelajaran mesin, pengolahan pola, statistik, database, dan visualisasi untuk penanganan permasalahan pengambilan informasi dari database yang besar. Hubungan yang dicari dalam data mining dapat berupa hubungan antara dua atau lebih dalam satu dimensi. Misalnya dalam dimensi produk dapat melihat keterkaitan pembelian suatu produk dengan produk yang lain. Selain itu, hubungan juga dapat dilihat antara dua atau lebih atribut dan dua atau lebih objek.
Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining, Algoritma Apriori yang bertujuan untuk menemukan frequent item sets dijalankan pada sekumpulan data. Analaisis Apriori didefenisikan suatu proses untuk menemukan semua aturan apriori yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence.
Silahkan download IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK DENGAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: Kreditplus) disini : IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK DENGAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: Kreditplus)
0 comments:
Post a Comment
Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)