Home » , , , » Download Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode Topsis

Download Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode Topsis

Written By Mesran on Wednesday 31 December 2014 | 12:51

Download Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode Topsis.

Pendidikan  merupakan  kebutuhan penting  bagi  semua  orang, karena  dengan pendidikan  seseorang  mampu  bersaing  di  dunia  global.  Pendidikan  digolongkan  menjadi  pendidikan  formal  dan  non  formal. Untuk  mendapatkan  pendidikan  formal  yang  memadai kita  bersekolah  mulai  dari  TK,  SD,  SMP,  SMA/SMK lalu Kuliah, sedangkan pendidikan non  formal  dapat  diraih  melalui  kursus  atau pelatihan.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Pemerintah akan menyelenggarakan Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Tinggi Negeri (SNMPTN) Tertulis sebagai salah satu jalur independen yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menyaring siswa baru di lingkup Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa melihat latar belakang sekolah, ekonomi, dan tingkat sosial yang dilakukan secara tertulis.

Pertumbuhan LBB di kota Medan sangatlah pesat seperti Lembaga Bimbingan Belajar BIMA, MEDICA, GO(Ganesha Operation), SSC(Sony Sugema College), Primagama, Adzkia dll,  sehingga  calon peserta SBMPTN susah untuk memilih LBB yang tepat.  Lembaga-lembaga  tersebut menyediakan  sarana dan prasarana  yang  berbeda-beda  sesuai  dengan kebutuhan peserta SBMPTN. Calon Peserta SBMPTN harus bisa memilih dengan tepat lembaga bimbingan belajar yang akan diikuti agar tidak menyesal dikemudian hari. Untuk itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan untuk membantu calon  peserta SBMPTN dalam menentukan lembaga bimbingan belajar yang tepat.

Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan pemanipulasian data. Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.
Sistem pendukung keputusan yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). TOPSIS didasarkan pada konsep, dimana alternatif terpilih yang baik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Konsepnya sederhana dan mudah dipahami, dan komputasinya efisien.

Silahkan di Download Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode Topsis bila menyukai topik ini pada link ini : Download Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Dengan Metode Topsis.rar


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)