Home » , , , » Download Sistem Informasi Bencana Banjir Pada Kota Medan Menggunakan Metode DIJKSTRA

Download Sistem Informasi Bencana Banjir Pada Kota Medan Menggunakan Metode DIJKSTRA

Written By Mesran on Wednesday 31 December 2014 | 13:44


Download Sistem Informasi Bencana Banjir Pada Kota Medan Menggunakan Metode DIJKSTRA
Kota Medan merupakan salah satu kota metropolitan, dan juga merupakan kota terbesar yang ada di sumatera utara, sebuah kota tentunya tidak lepas dari kepadatan penduduk dan permasalahan lainnya yang kerap terjadi di sebuah kota salah satunya adalah banjir. Banjir merupakan salah satu permasalahan yang paling sering terjadi dikarenakan ulah masyarakat yang tidak menjaga lingkungan sekitar.    Kerugian material yang diakibatkan tidak sedikit akan tetapi tentu saja korban jiwa adalah kerugian yang tidak ternilai. Seiring dengan kemajuan zaman, kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya semakin meningkat. Menanggapi kondisi – kondisi yang membahayakan, manusia membuat mekanisme mitigasi bencana. Salah satu bentuk mitigasi bencana tersebut yaitu dengan evakuasi.
    Evakuasi adalah pengungsian atau pemindahan penduduk dari daerah yang terjadi bencana banjir. Saat terjadi bencana tentu saja daerah – daerah sekitar pusat bencana harus dijauhi. Warga yang terdapat di sekitar daerah berbahaya harus segera dipidahkan ke tempat yang aman. Sistem Informasi memainkan pernana penting dalam keselamatan korban. Sistem Informasi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih cepat dan akurat kepada masyarakat kota medan.
    Metode Dijkstra adalah salah satu bentuk algoritma greedy. Algoritma ini termasuk algoritma pencarian graf yang digunakan untuk menyelesaikan masalah lintasan terpendek dengan satu sumber pada sebuah graf yang tidak memiliki cost sisi negatif dan menghasilkan sebuah pohon lintasan terpendek. Algoritma ini sering digunakan pada routing. Algoritma dijkstra mencari lintasan terpendek dalam sejumlah langkah. Algoritma ini menggunakan strategi greedy sebagai berikut : Untuk setiap simpul pada sumber (source) dalam graf, algoritma ini akan mencari jalur dengan cost minimum antara simpul tersebut dengan simpul lainnya.
    Dalam pembuatan Sistem Informasi ini, algoritma dijkstra digunakan untuk menentukan jalur terpendek dalam rute evakuasi bila terjadi bencana banjir . Dengan mengetahui daerah pada beberapa lokasi titik rawan banjir, para relawan dapat menggunakannya sebagai bahan mitigasi dan tanggap darurat bencana banjir .   


Silahkan Download Sistem Informasi Bencana Banjir Pada Kota Medan Menggunakan Metode DIJKSTRA disini
Download Sistem Informasi Bencana Banjir Pada Kota Medan Menggunakan Metode DIJKSTRA.rar

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)