Penerapan Linear Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Game

Written By Mesran on Tuesday 14 January 2014 | 10:01

Penerapan Linear Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Game












Latar Belakang Penerapan Linear Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Game

Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemain. Ada target-target yang ingin dicapai pemain

Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Pada awalnya, game identik dengan permainan anak-anak. Game merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang dapat menyenangkan hati. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game.

Bermain  game  merupakan   salah   satu   aktifitas  yang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat. Alasan mereka bermain game tentunya berbeda-beda, ada yang untuk melepas lelah, ada juga yang memang suka atau hobi bermain game. Game bukan hanya sebagai pengisi waktu senggang, tetapi juga sebagai sarana hiburan bagi sebagian besar orang yang memiliki banyak kesibukan. Salah satu game yang banyak digemari saat ini adalah game pada sarana televisi, diantaranya adalah Game Deal Or No Deal dengan menggunakan Macromedia Flash.

Game mempunyai sejarah dari generasi pertama muncul dari ATARI 2600 merupakan konsole game pertama yang setelah itu dikenal dengan nama VCS (Video Computer System). Setelah sukses pada generasi pertama atari tidak menyerah untuk memajukan dunia game elektronik. Pada generasi kedua muncullah atari 7800 konsole ini dirilis pada juni 1986 pada atari 7800 ini ada sedikit kemajuan dengan menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan konsole game ini. Namun, pada masanya harga dari konsole game ini mahal yaitu $140. Lalu setelah Atari 7800 ada NES Nintendo entertaintment System, konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit nintendo ini menghasilkan produk produk game dari pada yang lain salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros. Setelah NES berhasil dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive. Sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, kalau tadi nintendo dikenal dengan super mario bross sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog.

Pada generasi ke empat dari sejarah game, produksi game semakin pesat dan berkembang salah satu contoh pada bahkan di dunia merupakan terobosan baru. Game dengan menggunakan 32 bit generasi kelima playstation atau yang lebih akrab kita sebut PS semakin gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2 namun pada generasi ke lima ini sangat banyak sekali saingan saingan PS2 ,XBox, sega Saturn, Dreamcast, dari generasi kelima ini sudah mulai banyak perusahaan perusahaan yang memproduksi konsole game.

Generasi sekarang, pada tahun ini sudah banyak sekali konsole game di dunia PS juga masih terus mengembangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox  juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga mengeluarkan WII.
Dalam game juga perlu adanya sekenario agar alur permainan pun jelas dan terarah. Skenario di sini bisa meliputi setting map, level, alur cerita, bahkan efek yang ada dalam game tersebut. Seperti banyak nya macam-macam game yang ada di televisi yaitu wants to be millionare, missing lyric, family 100 dan salah satu nya yang dibahas disini deal or no deal.
   
Pseudorandom Number Generator (PRNG) yang dibahas disini adalah Linear Congruential Generator (LCG). LCG merupakan jenis PRNG yang banyak digunakan dalam aplikasi komputer modern. LCG ditemukan oleh D.H Lehmer. Tak lama sesudah itu, banyak programmer yang menggunakan metode LCG tersebut untuk menghasilkan bilangan yang tampak random (pseudorandom number) dalam jumlah besar dan waktu yang cepat. Programmer pada saat itu hanya membutuhkan kecepatan pembangkitan bilangan random saja, tanpa memperhatikan kerandoman bilangan tersebut secara statistika. Karena itu, ada banyak generator LCG yang gagal melalui pengujian kerandoman statistika.
       
Metode LCM(Linear Congruent Method merupakan metode pembangkitkan bilangan acak yang banyak digunakan dalam program komputer. LCM memanfaatkan model linier untuk membangkitkan bilangan acak.
           
Ciri khas dari LCM adalah terjadi pengulangan pada periode waktu tertentu atau setelah sekian kali pembangkitan, hal ini adalah salah satu sifat dari metode ini, dan pseudo random generator pada umumnya.Penentuan konstanta LCM (a, c dan m) sangat menentukan baik tidaknya bilangan acak yang diperoleh dalam arti memperoleh bilangan acak yang seakan-akan tidak terjadi pengulangan.
   
Pada aplikasi game deal or no deal bisa juga menggunakan metode sampling. Tetapi, yang cocok untuk game ini menggunakan metode LCM. Karena metode sampling harus mengutamakan populasi ataupun hipotesa dari komponen game itu  sendiri. Metode sampling sendiri mempunyai kelemahan persyaratan penggunaan metode ini harus dipenuhi.
Adobe Flash (Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .Swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasang Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Macromedia Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV.
        
Silahkan download dokumen skripsi Penerapan Linear Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Game disini : Penerapan Linear Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Game

 Notes : Passnya TANGGALBULANTAHUN

3 comments:

  1. Silahkan juga gan kunjungi blog ane

    http://download-tugas-akhir-komputer.blogspot.com/2014/01/download-tugas-akhir-perpustakaan.html

    ReplyDelete
  2. Bang password rarnya apa ya?
    password di atas tidak bisa

    ReplyDelete

Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)