Home » , » Kriptografi Vernam Cipher (One Time Pad)

Kriptografi Vernam Cipher (One Time Pad)

Written By Mesran on Thursday 13 June 2013 | 08:33



One Time Pad termasuk dalam kelompok kriptografi simestris. One-time pad (pad = kertas bloknot) berisi deretan karakter-karakter kunci yang dibangkitkan secara acak. Cipher ini diimplementasikan melalui sebuah kunci yang terdiri dari sekumpulan random karakter-karakter yang tidak berulang. Setiap huruf kunci dijumlahkan modulo 26 dengan huruf pada plaintext. Pada One Time Pad, tiap huruf kunci digunakan satu kali untuk satu pesan dan tidak digunakan kembali.Panjang stream karakter kunci sama dengan panjang pesan.

One Time Pad ditemukan pada tahun 1917 oleh Major Joseph Mauborgne. Cipher ini termasuk ke dalam kelompok algoritma kriptografi simetri. One Time Pad (pad = kertas bloknot) berisi barisan karakter-karakter kunci yang dibangkitkan secara acak. Aslinya, satu buah one time pad adalah sebuah pita (tape) yang berisi barisan karakter-karakter kunci. Satu pad hanya digunakan sekali (one time) saja untuk mengenkripsi pesan, setelah itu pad yang telah digunakan dihancurkan supaya tidak dipakai kembali untuk mengenkripsi pesan yang lain. Aturan enkripsi yang digunakan persis sama seperti pada Cipher Vigenere. Pengirim pesan menggunakan setiap karakter kunci untuk mengenkripsikan satu karakter plainteks.

Enkripsi dapat digambarkan sebagai penjumlahan modulo 26 dari satu karakter plainteks dengan satu karakter kunci one time pad :

ci = (pi + ki) mod 26
keterangan :
pi  : karakter plainteks
ki  : karakter kunci
ci  : karakter Ciphertek

Setelah pengirim mengenkripsikan pesan dengan one time pad, ia menghancurkan one time pad tersebut (makanya disebut satu kali pakai atau one time). Penerima pesan menggunakan one time pad yang sama untuk mendekripsikan karakter-karakter cipherteks menjadi karakter-karakter plaintek dengan persamaan:

pi = (ci – ki ) mod 26

Suatu algoritma dikatakan aman, apabila belum ada tidak ada cara untukmenemukan plaintext-nya. Sampai saat ini, hanya algoritma One Time Pad (OTP) yang dinyatakan tidak dapat dipecahkan meskipun diberikan sumber daya yang tidak terbatas.

Prinsip enkripsi pada algoritma ini adalah dengan mengkombinasikan masing-masing karakter pada plaintext dengan satu karakter pada kunci. Oleh karena itu, panjang kunci setidaknya harus sama denganpanjang plaintext. Secara teori , adalah hal yang tak mungkin untuk mendeskripsi chipertext tanpa mengetahui kuncinya. Sebab jika kunci yang digunakan salah, akan diperoleh hasil yang salah juga, atau bukan plaintext yang seharusnya. Kemudian setiap kuncinya hanya boleh digunakan untuk sekali pesan. Pengambilan kunci harus dilakukan secara acak supaya tidak dapat diterka lawan dan jumlah karakter kunci harus sebanyak jumlah karakter pesan.

Contoh :
Plainteks           : MESRAN
Kunci               : ALDYAN

Maka

Plainteks           : M       E          S          R          A         N
Kunci               : A        L          D         Y         A         N
Hasil                 : M       P          V         P          A         A

Lihat ilustrasi pengerjaannya berikut ini :
 


Bagaimana sulit? Silahkan anda pelajari kriptografi Vernam Cipher (One Time Pad) Silahkan juga dipelajari program enkripsi vernam (One Time Pad) menggunakan vb net pada artikel tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)