Home » » Review Daftar Kunjungan Mesran [dot] Net Dari Feb 2012 - Mei 2013

Review Daftar Kunjungan Mesran [dot] Net Dari Feb 2012 - Mei 2013

Written By Mesran on Thursday 23 May 2013 | 14:02

Sudah hampir 1.5 website mesran.net beroperasi. Tujuan saya membuat website ini merupakan salah satu bentuk apresiasi saya serta keinginan saya untuk menshare apa yang saya miliki dan bisa berbagi kepada orang yang membutuhkannya, khususnya mahasiswa saya sendiri.

Banyak topik sudah saya masukkan ke mesran.net . Mulai dari pemrograman vb net, pemrograman C/C++, pemrograman visual basic, blog, tips dan trik serta banyak lagi. Itu semua bertujuan agar apa yang kumiliki tidak hilang dan dibagi ke orang lain.

Pada kesempatan ini saya ingin membahas mengenai jumlah kunjungan pada website tersebut. Daftar kunjungan ini mulai dari bulan Feb 2012 (awal mesran.net beroperasi) sampai bulan Mei 2013, bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

Gambar ini merupakan rincian pengunjung pada tahun 2012. Pada gambar terdapat unique visitor, jumlah kunjungan, jumlah page serta bandwidth yang di butuhkan.


Bisa terlihat dari gambar tersebut bahwa dari bulan Feb 2012 sampai Des 2012 jumlah kunjungan berdasarkan IP Unik selalu meningkat.

Gambar di bawah ini merupakan pemakaian dari bulan Jan 2013 sampai Mei 2013. Bila dibandingkan dengan bulan Des 2012 IP Unik 6.117 di bulan Jan 2013 naik seribuan menjadi 7,841. dan pada bulan selanjutnya tetap meningkat. Pada awal bulan April 2013 memasuki penurunan disebabkan sebelumnya saya menyewa dengan paket Bandwith 13 Giga, sehingga bulan sebelumnya pemakaian saya melebihi batas. Alhasil selama 2 hari website ngangkrak nggak bisa terbuka. otomatis kunjungan 0.

Oleh sebab itu saya memutuskan untuk menambah paket bandwith menjadi 40 Giga. :) dan terlihat bahwa pemakaian bandwith sebesar 19 Giga, walaupun pengunjung lebih kecil 2000 dari bulan sebelumnya.


Saya berpikir "Lho gila sekali pemakaian Bandwith yaa, sampai 19 Giga dengan hanya 11 ribuan IP Unik, berbeda dibanding dengan sebelumnya yang hanya 13 ribuan namnun bandwith 14 giga."

"Kok Bisa?"

Saya kemudian berpikir, apa karena content web saya yang terlalu memakan memori yang besar? sehingga bandwith pun ikut termakan banyak?

Akhirnya strategi saya untuk selanjutnya yaitu : "Bagaimana meningkatkan banyak pengunjung namun dengan meminimumkan pemakaian bandwith"

Tentu dalam hal ini saya mengubah total penampilan website saya? hemmm Tidak. Hal itu yang saya tegaskan.

Gambar dibawah ini terlihat kunjungan harian dari Feb 2013 sampai Mei 2013. Pada gambar terlihat perbedaan jumlah visit dengan bandwith yang sedikit lumayan berbeda bila dibandingkan dengan hari hari yang lain.




Kunjungan 31 Maret 2013 0 hal ini dikarenakan sudah melewati kuota pemakaian sebesar 13 Giga. Sehingga  saya berpikir harus menambah bandwith atau melakukan upgrage yah tambah tambah 60 rebon lah. Sehingga sudah 450 Mega dan 40 Giga untuk bandwith.

 

nah semakin kentara pemakaian bandwith, yang pengunjung 1095 saja pemakaian 770 Mb terlihat berbeda dengan 1083 bandwith 914 Mb. Wah kok jauh berbeda, disitulah saya berniat untuk merubah tampilan belakang website saya. Dan woow alexa rank menurun drastis untuk melihat tampilan background lama dengan yang baru.

Dan hasilnya lihat saja gambar dibawah ini, pengunjung yang 1090 namun pemakaian cuma 460 berbeda jauh dengan sebelum di rubah dimana pengunjung sekitar 1000 an namun bandwith sekitar 800 Mb. jauh bukan perbedaannya.



Nah bukan hanya itu saja lho, sebelum di rubah bentuk website saya memiliki alexa 1.700.000 an, dah sekarang beberapa minggu ini terlihat perbedaan yang sangat fantastic. Lihat saja gambar berikut ini.




Beberapa hari kemudian turun, menjadi seperti pada gambar.



Kemudian turun lagi, di posisi 800.000 an


Dan terakhir pada saat pemostingan ini, posisi di 870.213


Wah mantap bukan. Nah pada sampai saat ini, hal yang telah saya lakukan yaitu :

1. Perbanyak postingan di mesran.net.
2. Perbanyak promote link website.
3. Membuat perubahan tampilan, menghilangkan pemakaian CSS yang tak dipakai, cek meta tag, keyword dan perbaiki SEO nya.
4. Membuat link link ke berbagai blog.

Ok, jelas bukan.

Terima kasih buat anda pengunjung yang selalu menemaniku melalui http://mesran.net.

Saya sangat mengharapkan komentar anda. Terima kasih.

5 comments:

  1. Mantap pak ...
    hehe
    makan" lha pak ...
    :) :)

    ReplyDelete
  2. pak saling tukar link :)
    link blog mesran punya blog uda saya pasang di blog saya
    mohon kerja sama nya pak :)
    http://blog-zafarsitinjak.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Link sudah saya pasang link back ya
    http://johaedi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. pak, saya gagal terus registrasi untuk ujian di blog bapak, mohon petunjuk nya lagi ya pak e...

    ReplyDelete

Terima kasih apabila sudah memberikan komentar yang baik dan sopan :)